Investasi yang Baik: Bagaimana Menjaga Karyawan Tetap Bahagia Menguntungkan Bisnis

Meskipun membuat pelanggan senang telah lama menjadi tujuan utama bisnis, banyak perusahaan mengabaikan kebahagiaan karyawan.

Anda mungkin tergoda untuk hanya fokus pada operasi bisnis, seperti meningkatkan penjualan dan menarik lebih banyak pelanggan, tetapi penting untuk memprioritaskan kebahagiaan karyawan Anda. Tenaga kerja yang bahagia dan puas adalah sesuatu yang harus diperjuangkan oleh semua perusahaan, dan itu dapat menguntungkan Anda dalam lebih dari satu cara.

Mengapa penting untuk membuat karyawan senang

Meskipun membuat karyawan Anda bahagia pada umumnya adalah hal yang benar untuk dilakukan, itu juga dapat memiliki beberapa manfaat bagi Anda dan tim Anda. Berikut adalah beberapa keuntungan utama yang terkait dengan tenaga kerja yang termotivasi.

Peningkatan produktivitas

University of Warwick yang berbasis di Inggris menemukan bahwa kebahagiaan di tempat kerja menyebabkan peningkatan produktivitas sebesar 12%, sementara kesusahan menyebabkan penurunan 10%. Ini tidak mengejutkan; karyawan yang lebih bahagia dengan pekerjaan mereka akan mengambil lebih sedikit rehat kopi dan rehat ke kamar mandi yang benar-benar hanya tentang menjauh dari meja mereka. Sebaliknya, karyawan yang stres dan tidak puas mudah teralihkan perhatiannya dari pekerjaan mereka. Untuk bisnis apa pun yang melihat intinya, fakta sederhana bahwa karyawan yang ceria cenderung lebih produktif seharusnya menjadi alasan yang cukup untuk berinvestasi dalam kebahagiaan mereka.

Keterlibatan tinggi

Mempertahankan keterlibatan karyawan yang tinggi adalah salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan bisnis Anda. Karyawan yang terlibat bersemangat tentang pekerjaan mereka dan bersemangat untuk berkontribusi. Kebahagiaan karyawan adalah salah satu langkah pertama untuk mendorong keterlibatan karyawan  karyawan yang optimis lebih mungkin merasa terhubung dengan kesuksesan tempat kerja mereka.

Kreativitas yang ditingkatkan

Karena karyawan yang puas lebih terlibat di tempat kerja, ini memungkinkan mereka untuk melihat lebih banyak gambaran besar, dan menawarkan ide dan saran kreatif yang mungkin bermanfaat bagi seluruh bisnis. Personil yang merasa aman untuk mengambil risiko dan menyarankan ide-ide kreatif dapat menjadi vital bagi inovasi organisasi.

absensi rendah

Karyawan yang tidak bahagia kurang berkomitmen pada pekerjaan mereka dan mungkin menemukan gangguan atau alasan mengapa mereka tidak dapat muncul untuk bekerja, meningkatkan tingkat ketidakhadiran karyawan Anda secara keseluruhan . Di sisi lain, karyawan yang bahagia bersemangat untuk bekerja dan secara intrinsik termotivasi untuk datang – tepat waktu.

Peningkatan retensi

Kebahagiaan karyawan memainkan peran besar dalam pergantian karyawan. Penelitian dari Development Academy menemukan bahwa lebih dari 75% pekerja yang tidak puas ingin meninggalkan peran mereka saat ini. Ketika orang merasa puas di tempat kerja, mereka cenderung tidak mencari pekerjaan lain. Karena merekrut dan melatih karyawan adalah salah satu kegiatan paling mahal yang dapat dilakukan perusahaan, mempertahankan karyawan yang bahagia dapat secara signifikan memengaruhi laba Anda.

Bagaimana membuat karyawan senang

Jadi, jika kita semua setuju bahwa membuat karyawan bahagia itu penting, bagaimana kita melakukannya? Cara terbaik untuk menjaga karyawan di seluruh konten organisasi Anda adalah dengan mensurvei mereka secara teratur dan menindaklanjuti umpan balik mereka. Berikut adalah beberapa strategi lain yang terbukti benar untuk diterapkan pada bisnis Anda.

1. Ciptakan tempat kerja yang inklusif.

Mulailah menciptakan tempat kerja yang beragam dan inklusif dengan mempekerjakan karyawan yang mewakili nilai-nilai perusahaan Anda. Latih kepemimpinan Anda untuk menunjukkan nilai-nilai ini juga. Tempat kerja inklusif yang merayakan keragaman dan keunikan karyawan sangat ideal untuk mendorong kepuasan karyawan.

Orang-orang ingin bekerja dengan orang-orang yang bahagia, dan kegembiraan itu menular. Jika beberapa karyawan Anda termotivasi, itu dapat memiliki efek berlipat ganda pada karyawan Anda yang lain – dengan asumsi Anda memiliki budaya yang baik untuk semua orang.

2. Akui prestasi karyawan.

Menurut Development Academy, lebih dari 70% dari mereka yang disurvei mengatakan perasaan tidak dihargai adalah pendorong terbesar ketidakpuasan karyawan. Penting untuk mengenali karyawan dengan cara besar dan kecil untuk memastikan mereka tahu bahwa Anda menghargai mereka. Anda dapat memiliki program pengakuan karyawan yang diformalkan, dan mendorong semua tingkat staf untuk menawarkan umpan balik positif satu sama lain bila memungkinkan.

Ingatlah bahwa setiap karyawan memiliki kriteria yang berbeda untuk merasa didukung dan dipuji. Salah satu kesalahan terburuk yang dapat dilakukan manajer adalah memuji karyawan dengan “bahasa” yang salah. Pastikan untuk bertanya kepada karyawan Anda bagaimana mereka ingin diakui.

3. Tawarkan penjadwalan yang fleksibel.

Karena kerja jarak jauh dan jam kerja fleksibel telah menjadi relatif umum dalam beberapa tahun terakhir, karyawan dengan cepat belajar untuk menyukai fleksibilitas di tempat kerja. Lebih dari separuh pekerja mengklaim fleksibilitas mendorong kepuasan. Memilih jadwal mereka dapat membantu pekerja meningkatkan keseimbangan kehidupan kerja dan suasana tempat kerja secara keseluruhan. Ketika Anda fleksibel dengan penjadwalan, karyawan Anda akan berterima kasih.

4. Menawarkan gaji dan tunjangan yang komprehensif.

Kompensasi karyawan yang kompetitif dan tunjangan karyawan yang komprehensif sangat penting untuk menarik dan mempertahankan karyawan di pasar saat ini. Pasar ketat untuk tenaga kerja, jadi Anda mungkin perlu meningkatkan penawaran Anda hanya untuk bersaing.

Namun, membayar karyawan Anda sesuai dengan nilainya adalah penting untuk kebahagiaan karyawan. Menawarkan upah dan tunjangan yang kompetitif menunjukkan bahwa Anda menghargai staf Anda dan peduli dengan kesejahteraan mereka. Tinjau kompensasi dan tunjangan setidaknya setahun sekali untuk memastikan Anda tetap kompetitif dengan standar industri.

Baca juga: Berita Pekanbaru Terlengkap

5. Menyediakan staf dengan pelatihan dan pengembangan yang relevan.

Jika Anda ingin karyawan Anda puas, Anda perlu memberi mereka alat yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan mereka. Ketika mereka diharapkan untuk menggunakan sistem perangkat lunak baru, tawarkan pelatihan, manual, dan waktu untuk membiasakannya. Jika sebuah kebijakan baru akan berlaku, jangan hanya memberi tahu mereka apa itu; jelaskan mengapa hal itu terjadi dan manfaat apa yang akan diberikannya kepada personel dan perusahaan pada umumnya.

Saat karyawan tumbuh bersama organisasi Anda, Anda harus menawarkan peluang pengembangan karier sehingga mereka dapat meningkatkan keterampilan dan maju secara profesional. Pembelajaran dan pengembangan tidak hanya penting untuk kebahagiaan karyawan, tetapi juga kunci untuk retensi karyawan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.